Kamis, 17 Oktober 2013

RPP Geografi Berkarakter


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                                   :
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/Semester                        : X (sepuluh)/2 (dua)
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit


A.    Standar Kompetensi               :
a.       Menganalisis unsur-unsur geosfer
B.     Kompetensi Dasar                   :
a.       Menganalisis hidrosfer
C.     Indikator                                 :
a.       Mengklasifikasi ciri aliran sungai
b.      Mengklasifikasi pola aliran sungai
c.       Menganalisis penyebab kerusakan DAS
d.      Menentukan jenis air tanah
e.       Mengklasifikasi jenis-jenis danau
f.       Mendeskripsikan manfaat rawa

D.    Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran standar komptensi ini, diharapkan
a.      Siswa mampu mengklasifikasi ciri aliran sungai (kerja keras, rasa ingin tahu)
b.       Siswa mampu mengklasifikasi pola aliran sungai (rasa ingin tahu, gemar membaca)
c.       Siswa mampu menganalisis kerusakan DAS (kerja keras)
d.      Siswa dapat mengklasifikasi jenis – jenis air tanah
e.       Siswa dapat mengidentifikasi jenis – jenis danau
f.        Siswa mampu mengetahui manfaat rawa

E.     Materi Pembelajaran
A.       Jenis-Jenis Perairan Darat
·      Sungai
·      Daerah Aliran Sungai

F.     Metode Pembelajaran
Ceramah, life skills, diskusi, penugasan

G.    Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
A.    Kurikulum KTSP dan perangkatnya
B.     Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
C.     Buku sumber Geografi SMA – ESIS
D.    Buku-buku penunjang yang relevan
E.     Peta konsep
F.      OHP / Slide Proyektor
G.    Gambar/foto sungai dan DAS
H.    Internet

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·   Menganali-sis hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi
·   Menjelaskan dan mengamati gambar pola aliran sungai
·   Mengidentifikasi dan diskusi mengenai penyebab kerusakan dan upaya pelestarian DAS
·   Siswa dapat Jelaskan perbedaan pola aliran sungai trellis dengan dendritik!
·   Diskusikanlah mengenai kerusakan DAS dan hubungannya dengan banjir!

H.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kesebelas
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi: guru menyapa siswa, kemudian mengabsen.
·         Guru menanyakan pengertian perairan darat.
2.      Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Guru menjelaskan materi disertai gambar pola aliran sungai.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Mendiskusikan kerusakan DAS dan hubungannya dengan banjir (Aktivitas hal 170).(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3.      Kegiatan Penutup
·         Melakukan refleksi materi yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);

I.       Penilaian
Jenis tagihan                : Unjuk kerja
Bentuk tagihan            : Diskusi
Bahan diskusi              : Diskusikanlah mengenai kerusakan DAS dan hubungannya dengan              banjir!

 

Lembar Penilaian Diskusi

Hari/Tanggal               : …………………………………………………….
Topik Diskusi              : ……………………………………………………..

No
Sikap/Aspek yang dinilai
Nama Kelompok/ Nama peserta didik
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Penilaian kelompok
1.
Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik



2.
Kerjasama kelompok



3.
Hasil tugas



4.
Penggunaan bahasa yang baik



Jumlah Nilai Kelompok


Penilaian Individu Peserta didik
1.
Partisipasi dalam kegiatan



2.
Berani menjawab pertanyaan



3.
Inisiatif



4.
Ketelitian



Jumlah Nilai Individu



Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55




Mengetahui,                                                    2011
Kepala Sekolah                                               Guru Mata Pelajaran




NIP.                                                                NIP.


Rating: 4.5 out of 5

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. ACHMAD FAUZI - All Rights Reserved Template IdTester by Blog Bamz